motoboi besar
Proses pembakaran binarundak (ilustrasi). foto : istimewa
motoboi besar
Proses pembakaran binarundak (ilustrasi). foto : istimewa

Kotamobagu, portalmongondow.com – Seperti tradisi di tahun- tahun sebelumnya, Kelurahan Motoboi Besar, usai Idul Fitri 1438 Hijriyah, tahun ini, kembali akan menggelar Lebaran Binarundak.

Dikatakan Lurah Motoboi Besar, Zulfan Pombaile, rencananya tradisi Lebaran Binarundak ini, akan digelar Kamis, 28 Juni 2017, besok.

“Rencananya kegiatan ini akan digelar Kamis besok. Dimana, ini merupakan tradisi untuk mempererat tali silaturahmi serta ajang maaf memaafkan bagi seluruh warga Motoboi Besar yang ada di Kotamobagu maupun yang telah merantau,” ujar Zulfan.

Zulfan menambahkan, biasanya pada saat Idul Fitri seluruh warga asal MOtoboi besar berkumpul di rumah sanak saudaranya. Dimana, memanfaatkan momentum itu, mereka pun mulai mentradisikan perayaan hari raya Binarundak (nasi jaha).

“Jadi sebelum yang dirantau kembali ke tempat perantauan mereka, kita menggelar acara ini untuk lebih mempererat persaudaraan. Tradisi ini sudah dilaksanakan beberapa tahun belakangan,” tambahnya.

Sebagai ajang mempererat tali silaturahmi, Zulfan pun mengajak seluruh warga Kotamobagu, maupun dari luar Kotamobagu, untuk datang bersilaturahmi dan bersama-sama menikmati sajian khas yang didominasi nasi jaha.

“Jadi seluruh warga Kotamobagu maupun diluar Kotamobagu yang ingin bersilaturahmi bisa datang, dan menikmati sajian khas binarundak di perayaan ini,” tutupnya. (*)