penyaluran kia
ilustrasi (kompasiana)
kartu identitas anak
ilustrasi (foto : kompasiana)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, Kamis (27/04/2017), kemarin, resmi melaunching Kartu Identitas Anak (KIA).

Kegiatan dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota, dan dilakukan langsung Walikota, Ir Tatong Bara.

Dalam pernyataannya, Tatong menyebut, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkot dalam memenuhi hak-hak anak di Kotamobagu.

“Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemenuhan hak bagi setiap warga Negara, termasuk anak,” ujar Tatong.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Virgina D. Olii, selaku pimpinan instansi teknis terkait, mengatakan, Kotamobagu merupakan daerah kedua di Sulawesi Utara, yang telah melaksanakan launching KIA.

“Kotamobagu merupakan daerah kedua di Sulut setelah Tomohon,” ujar Olii.

Launching itu sendiri, menurut dirinya, baru merupakan tahap pertama, dimana 143 anak yang merupakan perwakilan berbagai sekolah, akan menjadi yang pertama mengantongi KIA di Kotamobagu.

“Tahap pertama ini, 143 anak perwakilan dari berbagai sekolah yang diundang akan diberikan KIA,” tambahnya.

Dijelaskan dirinya, dengan mengantongi KIA, ada berbagai kemudahan dalam pemenuhan hak anak yang bisa didapat, diantaranya sebagai syarat mendaftar masuk sekolah.

“Selain itu untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri pribadi anak. Contohnya untuk data identitas membuka tabungan atau menabung di bank. Sebetulnya sangat banyak manfaatnya,” tandasnya. (*)