lansia terlantar
Tim Dinas Sosial Kotamobagu saat menjemput Mbah Ngadjiman
lansia terlantar
Tim Dinas Sosial Kotamobagu saat menjemput Mbah Ngadjiman

Kotamobagu, portalmongondow.com – Nasib seorang kakek lanjut usia (Lansia) di Kotamobagu, yang tidak memiliki tempat tinggal, alias tunawisma, rupanya menyedot perhatian Pemerintah Kota Kotamobagu.

Senin (03/04/2017), kemarin, Pemerintah Kotamobagu, melalui Dinas Sosial (Dinsos), menjemput dan membujuk lansia yang diketahui bernama Mbah Ngadjiman tersebut, untuk diperiksakan kesehatannya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu.

Meski awalnya sempat ditolak, namun para petugas Dinsos yang terus melakukan pendekatan persuasif, akhirnya berhasil membujuk sang lansia tunawisma ini, untuk dibawa ke RSUD.

“Ini bentuk respon cepat Pemkot dalam menangani masalah Lansia terlantar di Kotamobagu. Alhamdulillah, hari ini kami bersama pihak RSUD Kotamobagu berhasil membujuk Mbah Ngadjiman, setelah dijelaskan bahwa beliau akan dirawat dengan baik,” terang Sekretaris Dinsos Kotamobagu, Suhartien Tegela.

Menurut Tien, sapaan akrab mantan Kabag Humas Pemkot Kotamobagu ini, kondisi Mbah Ngadjiman, sangat memprihatinkan.

“Kalau ada warga Kotamobagu yang hendak memberikan bantuan, baik dalam bentuk makanan maupun pakaian, bisa menghubungi Dinas Sosial,” imbuhnya.

Diketahui, Mbah Ngadjiman merupakan transmigran asal Jawa yang menetap di Gorontalo. Namun dengan tujuan ingin menemui keluarganya sekaligus mencari nafkah, Mbah Ngadjiman pun menyeberang ke Kotamobagu. Sayangnya, keluarga yang hendak ditemui ternyata tidak lagi menetap di Kotamobagu, hingga akhirnya Mbah Ngadjiman memilih tinggal di emperan salah satu ruko di Kompleks Pasar Serasi, dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. (*)