kawasan tanpa rokok

kawasan tanpa rokokKotamobagu, portalmongondow.com – Melakukan kunjungan kerja ke Kotamobagu, Selasa (11/04/2017), tim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, memantau Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di sejumlah titik di kota tersebut.

Menurut salah satu Staf Kemenkes yang ikut dalam kunjungan ini, Ira Oktaviana, dalam kunjungan ini, pihaknya melakukan pantauan di belasan titik, termasuk sekolah dan kantor instansi pemerintah.

“Ada sekitar 19 titik yang kami pantau, diantaranya empat kantor SKPD dan 15 sekolah dari tingkat SD,SMP dan SMA,”ujar Oktaviana.

Diungkapkan dirinya, Kotamobagu merupakan salah satu dari 3 kabupaten/kota di Sulawesi Utara, yang dilakukan pemantauan oleh Kementerian Kesehatan.

“Ibu Walikota sudah berkomitmen mewujudkan KTR di daerah ini, makanya kita turun untuk memantau sejauh mana penerapan dari komitmen ini,” ujarnya.

Hasil pantauan tersebut, dikatakan Oktaviana, nantinya akan disampaikan ke Pemerintah Kotamobagu sebagai bahan evaluasi, untuk kemudian diajukan ke tingkat pusat, guna penyusunan strategi dalam RPJMN.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, dr Nurjannah Masloman, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan P2P, Apek Daeng Mangati, mengatakan, pantauan oleh Kemenkes tersebut, akan berlangsung selama dua hari.

“Target program dari Kemenkes tahun 2017 minimal 50 persen Kabupaten/Kota di Indonesia sudah melakukan kegiatan KTR. Atas dasar itu mereka melakukan pemantauan, apakah sudah sejauh mana pelaksanaan KTR di tidap Kabupaten/Kota termasuk di Kotamobagu,” ujar Mangati. (*)