simpang empat kotobangon
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag
usulkan pemasangan traffic light
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), akan kembali mengajukan pemasangan traffic light dan pemasangan lampu solar cell di empat titik di kota tersebut.

Pengajuan proposal ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tersebut, dimaksudkan untuk meminimalisir angka kecelakaan sekaligus mengurai potensi kemacetan di sejumlah titik yang dianggap cukup padat aktifitas kendaraan.

Sekretaris Dishub Kotamobagu, Hendra Makalalag, Selasa (25/04/2017), kemarin, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, anggaran untuk dua pengajuan tersebut memang tersedia dalam Pagu Kemenhub.

“Ada dua jenis bantuan yang kita ajukan lewat proposal, yakni pemasangan traffic light dan solar cell. Keduanya akan kita ajukan ke Kementerian Perhubungan dalam waktu dekat,” ujar Makalalag.

Guna merealisasikan rencana tersebut, pihaknya dalam proposal, mengajukan anggaran sebesar Rp 39,9 Miliar, dimana mayoritas anggaran tersebut diperuntukkan bagi pengadaan solar cell, yakni Rp 37,2 Miliar.

“Sesuai kebutuhan, tercatat sekitar 1063 mata lampu untuk delapan ruas jalan yang saat ini membutuhkan penerangan.  Untuk traffic light sendiri, ada empat titik yang kami ajukan,” tandasnya.

Adapun empat titik yang diusulkan untuk dipasang traffic light, diantaranya, Simpang Empat Patung Bogani, Jalan Sutoyo, dan Simpang Empat Bobakidan, Jalan DI Pandjaitan, di Kelurahan Kotobangon, Simpang Empat desa Bungko, Jalan DC Manoppo, serta Simpang Empat Kelurahan Motoboi Kecil, Jalan Veteran. (*)