pengusaha lokal
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kotamobagu, Noval Manoppo
pengusaha lokal
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kotamobagu, Noval Manoppo

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, mengharapkan pengusaha lokal Kotamobagu, membuka diri atas masuknya investor asal luar daerah, terlebih dengan dicanangkannya tahun 2017 sebagai tahun investasi.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Noval Manoppo, saat diwawancarai sejumlah pewarta, usai memimpin pelatihan terhadap para pengusaha lokal di Aula Lembah Bening, Kelurahan Sinindian, Kamis (02/03/2017), siang tadi.

“Tahun ini adalah tahun investasi, tentu dari kegiatan ini diharapkan pelaku usaha kita welcome terhadap usaha-usaha yang lain. Sebab, biasanya ada penolakan-penolakan. Dan kita berharap, para pengusaha lokal kita bisa membuka diri dan tidak melakukan penolakan atas masuknya investasi ke daerah ini, ” ujar Noval.

Menurutnya, masuknya investasi ke Kotamobagu, bukanlah sebuah ancaman bagi kelangsungan dunia usaha yang ada di kota tersebut. Dirinya justru berharap, investasi yang akan masuk, bisa memacu kreativitas para pengusaha lokal untuk kemudian dijadikan peluang membangun usaha yang disesuaikan dengan perkembangan daerah.

“Misalnya ada investor yang membangun rumah sakit atau mall. Kita menyesuaikan dan memanfaatkan keberadaan rumah sakit atau mall itu, untuk kemudian membangun usaha yang bisa membuka peluang baru di sekitar lokasi itu. Katakanlah kita membangun reservasi mobil atau bengkel besar di sekitar mall atau bisa saja usaha-usaha yang lain, dimana itu bisa menjadi potensi ekonomi baru,” terangnya.

Dengan adanya kreativitas dimaksud, Noval juga berharap, para pengusaha lokal tidak menjadi tamu di negeri sendiri.

“Dengan begitu, saya kira kita tidak hanya akan menjadi penonton, namun juga menjadi pemain atau pelaku ekonomi dalam kapasitas sebagai masyarakat lokal,” tandasnya. (man)