in house training
Suasana In House Training
in house training
Suasana In House Training

Kotamobagu, portalmongondow.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, Senin (20/03/2017), menggelar kegiatan In House Training terkait penggunaan Teknologi Virtualisasi Server atau Hyper Converged Infrastructure (HCI), di ruang kerja Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam kegiatan ini, pihak Diskominfo menghadirkan pemateri dari perusahaan asal ‘Negeri Tirai Bambu’, Sangfor Technologies Shenzen, Liu Hai Tao dan juga seorang perwakilan Sangfor Indonesia, Jonathan. Kegiatan diikuti para operator data center Diskominfo.

Melalui Kepala Bidang TIK, Indra Sutriadi Pipii, Kepala Diskominfo, Agung Adati, mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk peningkatan SDM, khususnya bagi para tenaga yang bekerja di data center.

“Kami belajar tentang penggunaan Teknologi Virtualisasi Server atau sering disebut HCI, dari perusahaan Sangfor Technologies,” ujar Pipii.

System Virtualisasi Server itu sendiri, menurut Kepala Data Center Kota Kotamobagu, Rudhie Unu, sangat bermanfaat dalam hal efisiensi anggaran.

“Sistem ini hanya menggunakan satu server. Namun perbandingannya sama dengan menggunakan 10 server biasa dengan kegunaan yang sama. Tentu fungsinya lebih komplit lagi,” terang Rudhie.

Dikatakan Rudhie, saat ini, pihaknya memang tengah fokus pada upaya peningkatan kapasitas para tenaga operasional data center.

“Sehingga kami berharap, saat data center mulai dioperasikan, SDM-nya pun sudah siap dalam mengoperasikan,” tandasnya. (*)