Bimtek tentang pengelolaan pengaduan LAPOR! SP4N
Bimtek tentang pengelolaan pengaduan LAPOR! SP4N

Kotamobagu, portalmongondow.com – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (21/03/2017), menggelar Bimtek tentang Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang merupakan bagian dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari Pemerintah Daerah se-Indonesia, termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, dalam hal ini Bidang Statistik Komunikasi dan Informasi Publik.

Bertempat di Ruang Serbaguna Kantor KemenPAN-RB, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Pemerintah Kabupaten/Kota yang meliputi organisasi, Sumber Daya Manusia dan anggaran memadai.

Hadir selaku pemateri, yakni Prof. Dr. Diah Natalisa, mewakili MenPAN-RB, Asman Abnur. Serta pemateri dari Staf Kepresidenan dan Staf Ahli Ombudsman RI.

Menurut Natalisa, layanan LAPOR dibuat agar masyarakat bisa menyalurkan aspirasi atas keluhan terhadap kinerja Pemerintah.

“Melalui sistem aplikasi pelaporan yang memadai diharapkan di kemudian hari, pelayanan public yang prima tanpa adanya keluhan bisa tercapai,” ujar Natalisa.

Lanjut dijelaskan Natalisa, dalam penerapan sitem pelaporan tersebut, nantinya admin di tiap-tiap daerah, akan menjadi penghubung dengan admin di KemenPAN-RB.

“Aplikasi LAPOR! SP4N ini merupakan system yang dikelola oleh KemenPAN-RB, yang bekerjasama dengan Staf Kepresidenan dan Staf Ombudsman RI,” tambahnya.

Diharapkan Natalisa, pada tahun 2017 ini, semua Pemerintah Daerah se-Indonesia sudah bisa terkoneksi dengan sistem LAPOR! SP4N tersebut.

“Karenanya diharapkan agar peserta Bimtek bisa serius mengikuti kegiatan ini. Sehingga, nantinya ilmu yang diperoleh melalui pembekalan dapat diimplementasikan di daerah masing-masing,” tandasnya. (*)