akses data kependudukan
Agung Adati ST, MSi
Kepala Diskominfo Kotamobagu, Agung Adati

Kotamobagu, portalmongondow.com – Rapat Kerja (Raker) Operasional Materiil Sandi oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Selasa 21 Maret 2017, turut diikuti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Agung Adati.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, digelar di Hotel Royal Kuningan Jakarta, dan dibuka langsung Kepala Lemsaneg, Mayjen Pur. TNI, Dr. Djoke Stiadi, MSi.

Menurut Adati, dalam kegiatan yang diikuti perwakilan Diskominfo dari 149 daerah kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia, pihaknya menerima materi seputar persandian beserta pengamanannya.

“Kami diberikan materi meliputi Penyelenggaraan Persandian Pemerintah Daerah dan Operasional Pengamanan Persandian, serta materi Pengenalan Materiil Sandi (Matsan), Alat Pendukung Utama (APU) dan Otorisasi Sertifikasi Digital (ASD),” ungkap Adati.

Pihaknya dalam kegiatan itu, menurut Adati, juga diberikan pemahaman terkait pentingnya pengamanan dan pengelolaan persandian terhadap semua data dan informasi di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Ini penting untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan informasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” terangnya.

Kegiatan tersebut juga ditandai dengan penyerahan APU Persandian berupa Jammer, kepada 35 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

“Kotamobagu sendiri sudah menyampaikan usulan untuk permintaan Jammer. Sebab, perlatan ini sangat penting untuk digunakan dalam pengamanan atau kepentingan pengamanan lainnya,” tandasnya. (*)