budidaya kopi organik
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Hardi Mokodompit
genjot pad
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Hardi Mokodompit

Kotamobagu, portalmongondow.com – Upaya menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), terus dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, salah satunya dengan mengembangbiakkan ikan mas koi, atau dalam bahasa latin Cyprinus Carpio L.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu, Hardi Mokodompit, upaya yang dilakukan pihaknya tersebut, memiliki prospek cukup bagus, terlebih dengan kondisi Kotamobagu yang dikaruniai sumber daya air melimpah.

“Wilayah Kotamobagu memiliki sumber daya air yang melimpah. Jadi akan sangat bagus untuk mengembangbiakkan ikan yang memiliki warna khas dan harga cukup mahal ini,” ujar Hardi, Rabu (08/03/2017), kemarin.

Selain itu, menurut Hardi, factor kepopuleran ikan mas koi, juga akan sangat mempengaruhi upaya pihaknya dalam mendongkrak PAD.

“Kami sengaja memilih ikan mas koi, sebab ikan ini sangat popular sebagai ikan hias, baik di Indonesia maupun dalam skala internasional,” tambahnya.

Hanya saja menurut Hardi, untuk sementara waktu, pihaknya baru bisa sebatas mengembangbiakkan, dan belum boleh diperjualbelikan secara umum.

“Kami masih menunggu diberlakukannya Perda Balai Benih Ikan (BBI). Kalau Perdanya sudah berlaku, barulah bisa diperjualbelikan,” tandasnya. (*)