simpang empat kotobangon
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag
bus trans kotamobagu
Sekretaris Dinas Perhubungan Kotamobagu, Hendra Makalalag

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera mengoperasikan 5 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani rute Trans Kotamobagu, pada pertengahan tahun nanti.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kotamobagu, Dolly Zulhadji, melalui Sekretaris Dinas, Hendra Makalalag, Rabu (08/03/2017), kemarin.

“Kelima bus ini nantinya akan melayani transportasi dalam kota atau Trans Kotamobagu. Rencananya akan mulai beroperasi pada akhir Mei atau awal Juni,” ungkap Makalalag.

Dikatakan Makalalag, pihaknya telah merancang dua koridor atau rute utama yang akan melintasi sejumlah wilayah di empat kecamatan se-Kotamobagu.

“Untuk koridor satu, titik berangkatnya dari Terminal Bonawang, melewati Kelurahan Mongkonai, Mongondow, kemudian Jalan Siswa, Kelurahan Molinow, dan Perempatan Lampu Merah Matali belok kanan ke arah Rumah Sakit Pobundayan. Sementara koridor dua, titik berangkatnya dari SMA 1 di Kelurahan Biga, melintasi kompleks kuburan China, Polres, kemudian Jalan Paloko Kinalang, Sinindian, Matali, Molinow, Mogolaing dan kembali ke Biga,” terang Makalalag.

Kelima bus itu sendiri, nantinya akan dibagi ke masing-masing koridor, sesuai panjang rute yang akan dilalui.

“Karena koridor satu rutenya relatif lebih pendek, maka hanya akan dioperasikan dua bus. Sementara koridor dua itu akan dioperasikan tiga bus,” imbuhnya.

Guna menunjang rencana pengoperasian bus Trans Kotamobagu tersebut, menurut Makalalag, pihaknya juga akan membangun shelter atau tempat perhentian bus.

“Akan tetapi, untuk sementara akan dimanfaatkan dulu halte yang ada. Nanti, akan kami persiapkan tangga di masing-masing halte,” tandasnya. (man)