gelora ambang
Taman Gelora Ambang, salah satu areal yang akan dipugar bersama kolam renang
taman gelora ambang
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kotamobagu, Ir Imran Amon, saat memimpin kegiatan bersih-bersih Taman Gelora Ambang

Kotamobagu, portalmongondow.com – Kompleks Taman Gelora Ambang yang merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kotamobagu, kembali dibersihkan. Adalah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman(Dispera-KP) yang melakukan kegiatan bersih-bersih, Jum’at (24/02/2017), pagi tadi.

Kepala Dispera-KP Kotamobagu, Ir. Imran Amon, saat ditemui di lokasi, mengatakan, pembenahan dilakukan pihaknya sambil menunggu penyerahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), yang saat ini tinggal menunggu jadwal.

“Sejak dibangun tahun 2015, harusnya maintenance (pemeliharaan, red) itu dari Kementerian. Sebab, belum dilakukan penyerahan ke Pemerintah Kotamobagu. Akan tetapi sekarang proses penyerahan sudah kita urus, dan sementara jalan. Kita tinggal menunggu jadwal penyerahan, namun sambil menunggu dilakukannya penyerahan, kita terlebih dahulu melakukan bersih-bersih,” ujar Imran.

Selain dalam rangka menunggu proses penyerahan, menurut Imran, kegiatan bersih-bersih Taman Gelora Ambang tersebut, juga dilakukan guna menyambut Penilaian Tahap ke-2 (P2) Adipura, yang jadwalnya tidak lama lagi.

“Taman Gelora Ambang ini kan merupakan RTH yang notabene masuk dalam salah satu aspek penilaian Adipura. Makanya, kita bertindak cepat melakukan bersih-bersih, sambil menunggu dilakukannya proses penyerahan ke Pemerintah Daerah,” tambahnya.

Lanjut dikatakan, pihaknya pun telah mengalokasikan sejumlah anggaran guna pemelihararaan rutin ketika telah terjadi penyerahan oleh Kemen-PUPR.

“Setelah secara penuh diserahkan ke daerah, maka akan ada pemeliharaan rutin. Dan kita sudah menyiapkan dana Rp 59 juta, untuk pemeliharaan, yang meliputi pembelian bahan bakar mesin potong rumput, upah operator, termasuk untuk penyediaan pot bunga,” terang Imran.

Meski diketahui kondisi taman tersebut sejak dibangun, tidak mendapat pemeliharaan dan telah ditutupi tanaman rumput, namun dirinya menjamin, kondisi Taman Gelora Ambang masih cukup layak secara konstruksi.

“Kalau kita lihat setelah dilakukan pemangkasan rumput, itu fisik konstruksinya masih bagus. Hanya tertutup rumput saja,” tandasnya. (man)