pembangunan polres di BMR
Kapolda Sulut, Irjen Pol. Bambang Waskito, dalam sambutannya di hadapan Kepala Daerah se-BMR, saat melakukan kunjungan kerja perdana di Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, Rabu (08/02/2017), tadi malam.
pembangunan polres di BMR
Kapolda Sulut, Irjen Pol. Bambang Waskito, dalam sambutannya di hadapan Kepala Daerah se-BMR, saat melakukan kunjungan kerja perdana di Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, Rabu (08/02/2017), tadi malam.

Kotamobagu, portalmongondow.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, Drs. Bambang Waskito, angkat suara soal rencana pembangunan Kepolisian Resort (Polres) di masing-masing Kabupaten/Kota di wilayah Bolaang Mongondow raya (BMR).

Menurut Waskito, idealnya setiap kabupaten/kota memiliki Polres sendiri-sendiri, guna peningkatan pelayanan kepolisian di daerah. Hal itu disampaikan Waskito, saat melakukan kunjungan kerja perdana di wilayah BMR, dimana dirinya berkesempatan bertatapmuka langsung dengan para Kepala Daerah se-BMR, di Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, Rabu (08/02/2017), tadi malam.

“Idealnya satu kabupaten/kota itu harus ada satu Polres, termasuk Kodimnya, Kejaksaannya, Pengadilannya. Dan kita akan bangun dan tingkatkan, agar Forkopimda di masing-masing Kabupaten/Kota menjadi lengkap,” ujar Waskito, dalam sambutannya di hadapan para Kepala Daerah se-BMR.

Waskito sendiri mengaku, jika rencana pembangunan Polres di tiap-tiap kabupaten/kota se-BMR tersebut, telah dilaporkan dirinya ke Pemerintah Pusat dan juga Kapolri.

“Hal ini sudah kami sampaikan ke Menteri Dalam Negeri dan Kapolri juga. Nanti dimulai dari Bolmut dulu. Sebab, Bolmut adalah yang wilayahnya paling jauh,” akunya.

Dirinya berharap, dengan adanya pembangunan Polres di masing-masing kabupaten/kota di BMR, maka pelayanan kepolisian akan bisa lebih maksimal. Namun demikian, dirinya menekankan kepada para anggotanya, terutama yang bertugas di Polres Bolaang Mongondow, agar kondisi saat ini, dimana satu Polres masih menaungi lima daerah, tidak menjadi alasan pelayanan yang kurang maksimal.

“Ini era peningkatan pelayanan kepolisian. Masyarakat tidak perlu apa-apa. Hanya kecepatan pelayanan saat diperlukan. Namun kondisi yang ada ini bukan alasan bagaimana meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, aspirasi untuk memiliki Polres di daerah masing-masing, disampaikan Bupati Bolsel, Hi. Herson Mayulu, saat mewakili Kepala Daerah se-BMR, menyampaikan sambutan selamat datang atas kunjungan Kapolda.

“Perlu kami sampaikan disini Pak Kapolda, bahwa empat kabupaten yang ada di BMR pada dasarnya sudah siap membangun Polres sendiri-sendiri,” ujar Herson dalam sambutannya.

Diketahui, wilayah BMR yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota, hingga saat ini hanya memiliki satu Polres saja, yakni Polres Bolaang Mongondow. Baik oleh pemerintah daerah di empat kabupaten/kota tersebut, maupun oleh Polda Sulut sendiri, telah menyuarakan pembangunan Polres di masing-masing daerah, sejak beberapa waktu lalu, namun hingga kini belum juga terealisasi. (man)