program bsps
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman Kota Kotamobagu, Ir Imran Amon
pohon peneduh jalan
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman Kota Kotamobagu, Ir Imran Amon

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman (DPKWP), berencana mengganti pohon peneduh jalan yang ada di Kotamobagu.

Kepala DPKWP Kotamobagu, Imran Amon, mengatakan, rencana tersebut, dilakukan guna meminimalisir resiko bahaya yang bisa saja ditimbulkan pohon peneduh yang ada saat ini, terlebih di setiap musim penghujan dan angin kencang.

“Pohon peneduh yang ada sekarang cukup membahayakan pengguna jalan. Karenan, akan kami lakukan penggantian,” ujar Amon, belum lama ini.

Adapun resiko bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh pohon peneduh yang ada saat ini, menurut Amon, terutama dikarenakan cengkeraman akar pohon yang tidak terlalu dalam.

“Jenis pohon peneduh yang ada di Kotamobagu saat ini adalah jenis yang akarnya tidak menancap terlalu dalam. Karenanya ini beresiko menimbulkan bahaya,” terangnya.

Namun demikian, pihaknya masih akan mencari jenis pohon yang akarnya bisa menancap cukup dalam sehingga tidak terlalu beresiko bagi pengguna jalan. (*)