Kegiatan Pekan Daerah Ke-XV KTNA Kotamobagu
Kegiatan Pekan Daerah Ke-XV KTNA Kotamobagu

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pekan Daerah (PeDa) Ke-XV Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kota Kotamobagu, dibuka Senin (13/02/2017), pagi tadi.

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Kotamobagu, dan dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang.

Dalam sambutannya, Tahlis mengatakan, kegiatan tersebut selain sebagai ajang silaturahmi dengan para petani di Kotamobagu, juga menjadi ajang bagi para petani  yang tergabung dalam KTNA untuk mempresentasikan keberhasilan yang dicapai.

“Kegiatan ini penting untuk peningkatan produksi. Atau mungkin ada varietas-varietas baru yang ditemukan para petani, barangkali bisa disampaikan langsung dalam kegiatan ini,” ujar Tahlis.

Di sisi lain, Ketua KTNA Kotamobagu, Pelly Paputungan, mengatakan, kegiatan PeDa yang dilaksanakan pihaknya, juga dimaksudkan untuk mempersiapkan para anggota KTNA Kotamobagu, yang nantinya akan diberangkatkan pada kegiatan Pekan Nasional (PeNas) di aceh, Mei mendatang.

“Pada bulan Mei nanti, akan diadakan Pekan Nasional KTNA di Provinsi Aceh. Karena itu kami menggelar kegiatan ini untuk mematangkan persiapan. Melalui kegiatan ini, kami juga bisa saling bertukar pikiran untuk membahas keunggulan yang dimiliki. Terlebih, dalam Pekan Nasional nanti aka nada beberapa perlombaan yang akan diikuti,” terang Paputungan.

KTNA Kotamobagu sendiri, menurutnya, akan mengutus setidaknya 25 anggota untuk mengikuti kegiatan Pekan Nasional di Aceh.

“Kegiatannya akan dilaksanakan pada 6 sampai 11 Mei, dan akan dihadiri para petani dari seluruh Indonesia,” tandasnya. (man)