menikah di kotamobagu
Sekretaris Disdukcapil Kotamobagu, Mulyono Mokodompit
menikah di kotamobagu
Sekretaris Disdukcapil Kotamobagu, Mulyono Mokodompit

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mengimbau kepada warga daerah luar yang hendak menikah di Kotamobagu, untuk mengurus administrasi pindah jiwa kependudukan secara permanen, dari daerah asal.

Imbauan tersebut disampaikan Sekretaris Disdukcapil Kotamobagu, Mulyono Mokodompit, saat bersua portalmongondow.com, Rabu (22/02/2017), kemarin, di ruang kerjanya.

“Sekarang tidak boleh lagi hanya pindah sementara. Jadi, kalau ada warga daerah luar yang mau menikah di Kotamobagu, itu harus pindah jiwa secara permanen,” kata Mokodompit.

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya, banyak kasus data kependudukan ganda yang terjadi akibat warga daerah luar yang menikah di Kotamobagu, hanya melakukan perpindahan sementara.

“Makanya harus pindah permanen. Sebab, hal itu (pindah sementara, red) sangat mengganggu database kependudukan. Terbukti, banyak kasus data kependudukan ganda yang terjadi akibat perpindahan sementara,” terangnya.

Imbauan itu sendiri, dikatakan Mokodompit, telah disosialisasikan pihaknya hingga ke aparat pemerintah desa/kelurahan.

“Sudah kami sampaikan ke sangadi/lurah. Nanti mereka yang akan mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat, terutama melalui hajatan-hajatan,” tandasnya. (man)