maksimalkan program bsps
Kepala Dispera Kotamobagu, Imran Amon, bersama staff
maksimalkan program bsps
Kepala Dispera Kotamobagu, Imran Amon, bersama staff

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dispera-KP), pada tahun 2017 ini, siap memaksimalkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Demikian dikatakan Kepala Dispera-KP Kotamobagu, Imran Amon, Jum’at (24/02/2017), pagi tadi, saat bersua portalmongondow.com, di ruang kerjanya.

“Tahun kemarin, program BSPS ini bisa dikatakan kurang maksimal. Insya Allah tahun ini akan kita maksimalkan,” ujar Amon.

Menurutnya, tidak maksimalnya program BSPS pada tahun 2016 lalu, disebabkan pemerintah pusat hanya mengalokasikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan saja. Sementara dalam prosesnya, masyarakat penerima bantuan kesulitan membangun rumahnya tanpa adanya uang untuk membayar upah pekerja. Sehingga untuk memaksimalkan program tersebut, Pemkot Kotamobagu kemudian akan mengalokasikan dana lewat APBD untuk pembayaran upah pekerja.

“Jadi, Pemerintah Daerah akan menanggung sebanyak 30 persen dari bantuan yang masuk, untuk membiayai upah yang tidak dianggarkan tahun lalu. Dengan begitu, akan terjadi sinkronisasi, dan program ini akan bisa berjalan maksimal, terangnya.

Sementara untuk jumlah rumah yang bisa tercover bantuan dalam program BSPS tahun ini ada sebanyak 228 unit, yang terbagi dalam tiga kategori.

“Untuk rehab ringan itu nilai bantuannya Rp 7,5 juta, rehab sedang Rp 10 juta, dan rehab berat nilai bantuannya Rp 15 juta. Total ada 228 unit rumah yang akan menerima bantuan. Kita tinggal menunggu pengalokasiannya dari pusat untuk kemudian program running. Dan bantuan Pemkot yang untuk upah tadi, itu sebanyak 30 persen dari nilai bantuan di masing-masing kategori,” tandasnya. (man)