akreditasi empat puskesmas
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel, Dr Sadli Mokodongan
akreditasi empat puskesmas
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel, Dr Sadli Mokodongan

Bolsel, portalmongondow.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus mengupayakan terakreditasinya empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Dinkes Bolsel, dr. Sadli Mokodongan, saat bersua portalmongondow.com, belum lama ini.

“Target kita tahun ini ada empat Puskesmas yang akan terakreditasi, diantaranya, Puskesmas Molibagu, Puskesmas Duminanga, Puskesmas Momalia dan Puskesmas Pinolosian,” ujar Mokodongan.

Dikatakannya, upaya akreditasi atas dua dari empat puskesmas tersebut, sejatinya telah dilakukan pihaknya sejak tahun 2016 lalu. Hanya saja, dalam prosesnya, pihaknya menemui sejumlah kendala.

“Tahun lalu, kita sudah siapkan segala yang dibutuhkan untuk proses akreditasi Puskesmas Pinolosian dan Momalia. Sayangnya, tim dari Kementerian Kesehatan hanya turun memeriksa kesiapan di Puskesmas Pinolosian. Dan hingga saat ini, masih kita tunggu hasilnya. Tetapi kami yakin, dengan mutu pelayanan yang ada, sarana dan prasarana di Puskesmas Pinolosian sudah memenuhi standar untuk bisa terakreditasi,” terangnya.

Menurutnya lagi, guna memenuhi target akreditasi dimaksud, sejumlah langkah pun telah disiapkan oleh  pihaknya.

“Nantinya akan ada tim dari Dinkes yang akan turun mendampingi persiapan di tiga Puskesmas lainnya. Sehingga, harapan kami, tahun ini empat Puskesmas tersebut sudah bisa terakreditasi,” tandasnya. (sarif/man)