KPUD Bolmong gelar debat

Advertorial

KPUD Bolmong gelar debatBolmong, portalmongondow.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (24/01/2017), kemarin, sukses menggelar debat kandidat Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 15 Februari 2017.

Debat perdana yang dilangsungkan di Aula Bagas Raya Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, dipandu DR Ridwan Lasabuda, selaku moderator.

KPUD Bolmong selaku penyelenggara Pilkada, menghadirkan tiga orang panelis dari kalangan akademisi, masing-masing, DR Fitri Mamonto, S.Ag, MSi, DR Abdurrachman Konoras, serta DR Ferry Liando.

Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, mengatakan, pihaknya dalam debat tersebut, akan menerapkan sejumlah aturan yang sebelumnya telah disepakati bersama dengan tim pemenangan masing-masing kandidat Bupati dan Wakil Bupati, Salihi B. Mokodongan – Jefri Tumelap dan Yasti Supredjo Mokoagow – Yanni Ronni Tuuk.

“Berdasarkan aturan main yang telah disepakati bersama, setiap pasangan hanya bisa membawa 75 orang pendukung dan tim pemenangan ke dalam gedung kegiatan. Sementara untuk masyarakat umum, kami menyiapkan 500 tempat duduk untuk tokoh masyarakat, tokoh pemuda , tokoh perempuan, LSM dan juga pemilih pemula,” ujar Fahmi.

Sementara moderator debat, DR Ridwan Lasabuda, mengatakan, debat akan dibagi ke dalam empat segmen, yakni penyampaian dan penjabaran visi misi pasangan calon, pertanyaan dari para panelis, Tanya jawab antar pasangan  calon, serta penyataan penutup masing-masing dari kedua pasangan calon.

“Setelah penyampaian visi dan misi, akan dilanjutkan dengan pertanyaan dari panelis sebanyak enam pertanyaan,” ujar Lasabuda.

Meski KPUD melakukan pembatasan baik bagi pendukung maupun masyarakat untuk melihat langsung jalannya proses debat, namun masyarakat yang tidak diperkenankan masuk, tetap bisa mengikuti seluruh proses debat melalui siaran radio. (adve/man)