bahas pemutakhiran data
ilustrasi
bahas pemutakhiran data
ilustrasi

Bolsel, portalmongondow.com – Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dismindukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (26/01/2017), kemarin, duduk bersama pihak KPUD Kabupaten Bolsel, guna membahas pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Dikatakan Kepala Dismindukcapil, Gunawan Otuh, pihaknya selalu siap jika KPUD membutuhkan pemutakhiran data.

“Intinya kita siap bekerjasama dengan KPUD,” ujar Otuh.

Pihak KPUD sendiri, melalui Ketua Divisi Perencanaan dan Data, Esekolano Kakunsi, mengatakan, pihaknya perlu untuk mengupdate data secara periodik, sehingga kerjasama dengan Dismindukcapil menjadi sebuah keharusan.

“Kami butuh data terbaru tentang jumlah pemilih setiap tiga bulan. Pergerakan data biasanya dipengaruhi oleh mutasi penduduk, warga meninggal dunia atau bertambahnya pemilih pemula. Ini penting untuk selalu diupdate data terakhirnya. Makanya koordinasi dengan pihak Dismindukcapil harus selalu kami lakukan,” terang Kakunsi.

Meski di tahun ini Kabupaten Bolsel tidak sedang melaksanakan hajatan politik seperti Pilkada, namun menurut Kakunsi, hal itu tidak mengurangi intensitas kerja pihaknya dalam melakukan pemutakhiran data.

“Ke depan nanti akan ada Pileg dan Pilpres 2019. Makanya pendataan berkelanjutan harus terus dilakukan. Nah, saat ini kami sedang mempersiapkan draft  kerjasama dengan Dismindukcapil. Kalau tidak ada aral, pekan depan sudah ditandatangani,” demikian Kakunsi. (sarif/man)