debat kandidat
Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, membawakan sambutan sebelum dimulainya debat kandidat

Advertorial

debat kandidat
Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, membawakan sambutan sebelum dimulainya debat kandidat

Bolmong, portalmongondow.com – Agenda debat kedua Pilkada Bolmong tahun 2017, Senin (30/01/2017), kemarin, di Aula Bagas Raya Yadika, desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, sukses digelar KPUD Kabupaten Bolmong.

DR Ferry Liando, dosen kenamaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, oleh KPUD Bolmong, didaulat sebagai moderator dalam debat yang mengangkat tema tentang Optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

debat kandidat
Foto bersama dua pasangan calon dengan moderator debat, Ferry Liando

Pada prosesnya, suasana debat yang dipenuhi riuh dukungan masing-masing pendukung kandidat, tetap berlangsung lancar hingga selesai.

Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, dalam sambutan di awal kegiatan, mengemukakan argumentasi pihaknya mengangkat tema tentang SDA dan SDM. Menurutnya tema tersebut diangkat dengan mempertimbangkan kondisi objektif serta realitas daerah Bolmong sendiri.

Kandidat Bupati dari Paslon Nomor Urut 1, Yasti Supredjo Mokoagow, saat menjawab pertanyaan panelis

“Tema ini kami angkat, agar masyarakat bisa melihat sejauh mana visi dan misi para kandidat dalam kaitan dengan pengelolaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia,” ucap Fahmi.

Sejumlah hal menarik yang mengemuka dalam debat ini, diantaranya cara mencegah abrasi arus pantai. Dimana, menurut Calon Wakil Bupati dari pasangan Nomor Urut 2, Jefri Tumelap, penanaman mangrove yang dilakukan dengan melihat tata ruang dan tata letak bisa menjadi solusi yang diharapkan.

Calon Wakil Bupati dari Paslon Nomor Urut 2, Jefri tumelap, menjawab pertanyaan

Disisi lain, Calon Wakil Bupati dari Pasangan Nomor Urut 1, Yanni Ronni Tuuk, yang ditanyakan moderator soal kesejahteraan petani, mengaku jika dirinya bersama pasangan calon bupatinya, Yasti Supredjo Mokoagow, akan menjadikan kesejahteraan petani sebagaimana dimaksud, sebagai prioritas pihaknya jika nantinya mendapat amanah rakyat Bolmong nantinya. (adve/man)