biaya pengukuran tanah
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara
program anak asuh daerah
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara

Kotamobagu, portalmongondow.com – Anggaran sebesar Rp 7,9 Miliar disiapkan Pemerintah Kota Kotamobagu, guna menanggung biaya pendidikan sedikitnya 5519 anak kurang mampu di kota tersebut, dalam program bertajuk Anak Asuh Daerah.

Anggaran yang dialokasikan melalui APBD tahun 2017, merupakan wujud jaminan Pemerintah Daerah terhadap kelangsungan pendidikan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu dari berbagai tingkatan, mulai SD, SMP, hingga SMA.

Jaminan itu sendiri, telah ditegaskan langsung Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, dalam sejumlah kesempatan. Dimana, menurut Orang Nomor Satu di Kotamobagu ini, program tersebut sejalan dengan komitmen dirinya dalam memajukan dunia pendidikan.

“Sejak dilantik menjadi Walikota, saya berkomitmen memajukan dunia pendidikan di daerah kita tercinta. Banyak rangsangan yang kita berikan terhadap dunia pendidikan, termasuk pemberian beasiswa,” ujar Tatong, belum lama ini.

Dalam program anuk asuh daerah yang dicanangkan Pemkot ini, bantuan dana yang nantinya akan dialokasikan mencapai jutaan rupiah.

“Untuk SD mendapat bantuan satu juta rupiah. Untuk SMP sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah, SMA satu juta tujuh ratus ribu rupiah, dan untuk S1 sebesar tujuh juta rupiah. Sementara untuk yang menempuh pendidikan S2, nanti akan dialokasikan melalui APBD Perubahan,” terang Tatong.

Seperti diketahui, program anak asuh daerah oleh Pemerintah Kota Kotamobagu merupakan program bantuan pendidikan bagi siswa-siswi dari kalangan kurang mampu. Dalam program ini, nama-nama anak kurang mampu yang akan dibiayai pendidikannya, merupakan usulan dari pemerintah tiap desa dan kelurahan di Kotamobagu. (man)