kota peduli HAM
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, saat menerima piagam penghargaan
kota peduli HAM
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, saat menerima piagam penghargaan

Kotamobagu, portalmongondow.com – Puncak peringatan Ham Asasi Manusia (HAM), Kamis (08/12/2016), kemarin, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, menjadi momentum bagus untuk Kota Kotamobagu.

Pasalnya, dalam kegiatan tersebut, Kotamobagu dinobatkan sebagai Kota Peduli HAM tahun 2016, oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Atas penobatan tersebut, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, kemudian menyerahkan piagam penghargaan secara langsung kepada Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara.

Penghargaan itu sendiri, merupakan wujud apresiasi atas capaian Pemerintah Kotamobagu, bersama segenap elemen masyarakat, dalam mendukung pelaksanaan HAM di kota tersebut.

“Pemkot Kotamobagu akan terus melaksanakan berbagai program dan kegiatan dalam rangka meningkatkan pelayanan public maupun pemenuhan hak-hak dasar hidup seluruh masyarakat di Kota Kotamobagu,” ujar Tatong.

Adapun sejumlah hal yang menjadi indikator penilaian atas penghargaan tersebut, diantaranya, pemenuhan hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, serta hak atas rasa aman dan juga hak-hak perempuan.

Momentum tersebut juga menjadi hattrick penghargaan bagi Kotamobagu, yang sebelumnya juga meraih penghargaan serupa di tahun 2014 dan 2015. (man)