warning pedagang
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kotamobagu, Herman Arai
sentra produksi gula aren
Kepala Disperindagkop-PM Kotamobagu, Herman Arai

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM), menargetkan tuntasnya pembangunan gedung sentra produksi gula aren di Desa Moyag, bisa tuntas pada tahun 2017, depan.

Kepala Disperindagkop-PM, Herman Arai, Kamis (10/11/2016), kemarin, mengatakan, pihaknya pada tahun depan, akan mendapat suntikan dana sebesar Rp 2,5 Miliar dari Kementerian Perdagangan, yang nantinya dipergunakan untuk penyelesaian fisik bangunan. Pekerjaan itu sendiri, telah dimulai tahun ini, dengan anggaran sebesar Rp 1 Miliar.

“Kita targetkan pembangunan fisik bisa selesai tahun depan. Mudah-mudahan prosesnya pembangunannya berjalan lancar,” ujar Arai.

Diungkapkan, jika pihaknya saat ini telah menerima bantuan lima unit mesin produksi gula aren. Namun demikian, penyerahan mesin kepada lima kelompok tani, baru bisa dilakukan saat gedung sentra produksi selesai dibangun.

“Mesinnya sudah ada. tetapi kita menunggu fisik bangunan selesai dibangun, baru diserahkan. Nantinya, semua mesin itu akan ditempatkan dalam satu gedung dan pengelolaannya dilakukan per kelompok,” tandasnya. (man)