pad kotamobagu
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara
pad kotamobagu
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara

Kotamobagu, portalmongondow.com – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kotamobagu, di penghujung tahun 2016 ini, mengalami kenaikan kurang lebih Rp 1 Miliar, dari sebelumnya Rp 42 Miliar menjadi Rp 43 Miliar.

Menurut Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, kenaikan tersebut, sedikit banyak, dipengaruhi penerapan sejumlah Perda yang diketuk pada tahun ini.

“Sejumlah Perda yang telah ditetapkan, nantinya akan mempengaruhi besaran PAD kita. Terlebih sejumlah Perda yang ditetapkan tahun ini, mulai Perda tentang Retribusi Perparkiran, Perda Balai Benih Ikan, Perda Rusunawa dan Perda lainnya yang juga potensial mendongkrak angka pencapaian PAD,” ujar Tatong, saat membawakan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD, Jum’at (18/11/2016).

Tak hanya penerapan Perda, menurut Tatong, terdongkraknya PAD ini juga turut dipengaruhi sejumlah kegiatan pelayanan, mulai pengelolaan RSUD Kotamobagu hingga perpajakan.

“Kita Optimis bahwa capaian PAD kita akan menjadi baik dengan dimaksimalkannya sejumlah kegiatan pelayanan, seperti Rumah Sakit Umum Daerah serta pendapatan lewat pajak, diantaranya pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan lain sebagainya,” terangnya. (man)