did kotamobagu
Sekretaris Daerah Kotamobagu, Tahlis Gallang, SIP, MM
did kotamobagu
Sekretaris Daerah Kotamobagu, Tahlis Gallang, SIP, MM

Kotamobagu, portalmongondow.com – Sejumlah keberhasilan yang diraih Kota Kotamobagu dalam hal manajemen keuangan, berbuah manis bagi kota tersebut. Sebagai salah satu wujud apresiasi oleh pemerintah pusat, Kotamobagu pun mendapat kucuran Dana Insentif Daerah (DID) tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda), Tahlis Gallang, SIP, MM, terdapat sejumlah indikator yang berhasil dipenuhi Kotamobagu sehingga mendapat DID sebesar Rp 50 Miliar.

“Kita patut bersyukur atas DID yang diberikan pemerintah pusat. Alhamdulillah, ada beberapa indikator yang bisa kita penuhi, diantaranya predikat WTP, APBD tepat waktu mendapat nilai Lakip dan LPPD yang tinggi,” ujar Tahlis, Rabu (02/11/2016), kemarin.

Meski demikian, untuk alokasi DID itu sendiri, pihak Pemerintah Kota Kotamobagu masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari pemerintah pusat, dan kemudian akan dilihat pengalokasiannya untuk bidang apa saja.

“Mungkin dalam waktu 1-2 minggu ini, Juknis akan segera turun dari Pemerintah Pusat,” tandasnya.

Sebagai informasi, kucuran DID oleh Pemerintah Pusat, Kota Kotamobagu kebagian ‘jatah’ Rp 50.726.426.000,-. Selanjutnya ada Kabupaten Minahasa Induk dengan jumlah Rp 49,9 Miliar, dan Kabupaten Bolmong Rp 40 Miliar. Sementara kabupaten dan kota lainnya di Sulut, sebagian besarnya mendapat sekitar Rp 7,5 Miliar. (dt/man)