penghargaan kota sehat
Kepala Bidang Promosi Kesehatan, Dinkes Kotamobagu, Dahlan Mokodompit (foto : istimewa)
penghargaan kota sehat
Kepala Bidang Promosi Kesehatan, Dinkes Kotamobagu, Dahlan Mokodompit (foto : istimewa)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Penghargaan sebagai Kota Sehat menjadi target Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk tahun depan. Guna mewujudkan target tersebut, Pemkot telah menyiapkan berbagai persyaratan yang menjadi indikator penilaian.

“Berbagai persyaratan telah kita siapkan, diantaranya SK Forum Kota Sehat untuk LSM dan tokoh masyarakat. Ada juga SK Forum Kota Sehat tingkat desa dan kelurahan,” ungkap Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kotamobagu, Dahlan Mokodompit, Jum’at (11/11/2016).

Menurut Dahlan, pihaknya saat ini juga tengah menunggu SK untuk tim Pembina tingkat kota yang sedang dalam proses perampungan.

“Ada sedikit perubahan untuk SK tim Pembina. Dan kita juga masih menunggu perampungan instruksi Wali Kota tentang pengaturan tempat dan waktu merokok di instansi pemerintah dan swasta, yang masuk salah satu syarat menjadi kota sehat,” imbuh Dahlan.

Pemkot sendiri, saat ini tengah menunggu kedatangan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi, yang rencananya akan melakukan verifikasi dalam waktu dekat.

“Semua sudah kita siapkan, dan tinggal menunggu proses verifikasi dari Dinkes Provinsi. Setelahnya kita akan menyusun dokumen kota sehat, yang memuat tentang rogram dan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, program kebersihan, SK, dokumentasi kegiatan, daftar penghargaan yang diraih pemkot kotamobagu, dan sebagainya,” demikian Dahlan. (*)