GP Ansor Kotamobagu
Ketua GP Ansor Kotamobagu, Dani Mokoginta
GP Ansor Kotamobagu
Ketua GP Ansor Kotamobagu, Dani Mokoginta

Kotamobagu, portalmongondow.com – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kotamobagu, pada Kamis (10/11/2016), besok, merencanakan untuk menziarahi makam para tokoh Nadhlatul Ulama (NU) dan Sarekat Islam (SI) yang ada di Kotamobagu.

Menurut Ketua GP Ansor Kotamobagu, Dani Mokoginta, SH, rencana tersebut, selain dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, juga dilakukan untuk mengenang jasa para tokoh dalam membawa misi dakwah Islam di tanah Totabuan yang juga dinilai berkontribusi positif bagi kemajuan daerah.

“Ada beberapa tokoh NU dan SI yang sudah masuk dalam inventarisasi kami untuk diziarahi. Dalam sejarah Bolaang Mongondow, peran mereka tidak bisa dipungkiri, telah banyak berkontribusi positif bagi perkembangan daerah,” kata Dani, Selasa (08/11/2016), kemarin.

Sejumlah tokoh yang akan diziarahi, diantaranya, Syamsudin C. Mokoginta, ST, mantan Wakil Bupati Bolmong yang juga merupakan mantan Ketua GP Ansor  di era tahun 70-an, kemudian Parindo Mokoginta yang pernah menakhodai NU Sulut, serta mantan Anggota DPR-RI, Y.C Mokoginta, yang juga pernah menjabat Ketua DPRD Bolmong.

“Untuk tokoh SI sendiri, ada Ibu Nurtina Manggo Gonibala, Almarhum Zakaria Imban, serta Adampe Dolot. Sebelum ziarah, nantinya kami akan berkoordinasi dengan pihak keluarga serta para tokoh NU dan SI di daerah ini,” terangnya.

Selain akan melakukan ziarah, GP Ansor Kotamobagu bersama sejumlah elemen NU lainnya, diantaranya Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), rencananya juga akan melakukan sejumlah kegiatan lain yang tidak kalah penting.

“Ada beberapa kegiatan yang akan kita lakukan, diantaranya doa bersama di Sekretariat NU, pemutaran film dokumenter, pawai hingga ziarah ke makam para pahlawan yang ada di Kotamobagu,” tandas personil Komisi I DPRD Kotamobagu ini. (man)