dinas pangan daerah
Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, saat menerima kunjungan Dewan Ketahanan Pangan Nasional
penghargaan adhikarya pangan nasional
Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara (tengah), dan Kepala DP4K Kotamobagu, Hardi Mokodompit (kiri), foto bersama tim Dewan Ketahanan Pangan Nasional

Kotamobagu, portalmongondow.com – Dinilai berhasil meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat, dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan serta ketahanan pangan, Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, dinominasikan sebagai salah satu calon penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Nasional, oleh Pemerintah Pusat melalui Dewan Ketahanan Pangan Nasional.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4K-KP) Kota Kotamobagu, Ir Hardi Mokodompit, Rabu (26/10/2016), usai mendampingi Walikota Tatong Bara, menerima kunjungan Tim Dewan Ketahanan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di Rumah Dinas Walikota.

“Walikota Kotamobagu merupakan salah satu dari 7 Bupati dan Walikota se-Indonesia, yang masuk nominasi. Adapun kunjungan oleh Dewan Ketahanan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian ini, guna melakukan verifikasi langsung, termasuk meninjau program dan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan,” ujar Hardi.

Walikota Tatong Bara sendiri, saat menerima kunjungan, memaparkan berbagai program, kegiatan serta upaya dan terobosan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, seperti penyediaan sarana dan prasarana pertanian, penyediaan bibit, serta pemberian bantuan alat-alat pertanian kepada para petani di daerah tersebut.

“Pemerintah Kota Kotamobagu juga memberikan bimbingan teknis dan penyuluhan kepada para petani yang bertujuan untuk  mendorong dan membantu para petani agar dapat lebih berkembang, sehingga nantinya, akan ikut meningkatkan Hasil Produksi Pertanian di Kota Kotamobagu,” terang Walikota.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Kotamobagu saat ini juga telah menyiapkan Gudang Cadangan pangan dan Stok Cadangan Pangan, serta membantu dalam pembangunan Lumbung Pangan Desa.

“Pemerintah Kota Kotamobagu pada tahun 2017 mendatang, juga membentuk Dinas Pangan Daerah Kota Kotamobagu, agar nantinya pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan Ketahanan Pangan, dapat dilaksanakan dengan lebih Fokus dan Teraarah dan Tepat Sasaran,” ujar Walikota. (*)