did kotamobagu
Sekretaris Daerah Kotamobagu, Tahlis Gallang, SIP, MM
program anak asuh daerah
Sekretaris Daerah Kotamobagu, Tahlis Gallang, SIP, MM

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu rencananya akan membiayai pendidikan bagi anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan mengusung program Anak Asuh Daerah, nantinya anak-anak dari keluarga kurang mampu di tiap desa dan kelurahan se-Kotamobagu, akan menjadi tanggungan Pemkot.

Namun demikian, untuk nama-nama anak yang akan dimasukkan dalam program tersebut, Pemkot akan menunggu data yang diusulkan pihak pemerintah desa/kelurahan. Hingga kini, baru ada dua kelurahan yang telah memasukkan usulan, yakni kelurahan Pobundayan dan kelurahan Motoboi Kecil.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Rabu (05/10/2016), pun meminta pihak pemerintah desa dan kelurahan untuk segera memasukkan nama-nama anak yang diusulkan.

“Pekan ini sudah harus masuk semua usulan dari desa dan kelurahan. Sangadi dan Lurah harus proaktif,” ujar Tahlis.

Dirinya juga mengingatkan kepada Lurah dan Sangadi agar memasukkan data yang valid untuk diusulkan sebagai anak asuh daerah, terutama dalam hal kriteria kurang mampu.

“Nama-nama yang diusulkan harus memenuhi kriteria. Jangan sampai ada anak yang berasal dari keluarga mampu kemudian masuk dalam usulan,” ingatnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Kotamobagu pada APBD tahun 2017 mendatang, menyiapkan anggaran miliaran rupiah guna menyukseskan program tersebut.

“Anggaran itu untuk pengadaan seragam, sepatu, buku dan perlengkapan sekolah lainnya. Nanti akan kita kita dalam APBD tahun depan,” tandasnya. (man)