berpotensi gantikan tahlis
Mantan Sekda Kotamobagu, Tahlis Gallang SIP, MM, yang kini menjabat Sekda Kabupaten Bolmong
KUA-PPAS APBD 2017
Sekda Kotamobagu, Tahlis Gallang SIP, MM

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu telah merampungkan draft Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD tahun 2017 mendatang.

Sebagai tindak lanjut, rencananya draft KUA-PPAS tersebut, akan segera diserahkan ke pihak DPRD kotamobagu dalam waktu dekat ini.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Tahlis Gallang, SIP, Senin (31/10/2016), siang tadi.

“Draftnya sudah ditandatangani, dan akan langsung kita serahkan,” ujar Tahlis.

Meski nantinya draft tersebut akan segera dimasukkan ke pihak DPRD, namun menurut Tahlis, penetapan KUA-PPAS APBD 2017 tersebut, nantinya masih akan menunggu penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBN). Sebab, dalam R-APBN, terdapat Pagu Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Pada dasarnya tidak masalah jika kita mendahului penetapan R-APBN, asalkan pagu defenitifnya sama dengan tahun sebelumnya. Nah, kalau pagunya nanti di atas tahun sebelumnya, tentu itu akan menjadi beban di APBD perubahan nanti. Maka, akan lebih baik kalau kita menunggu satu atau dua minggu ke depan lagi daripada terburu-buru kemudian ada anggaran atau kegiatan yang terpaksa harus dipending,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penetapan KUA-PPAS yang terburu-buru nantinya akan sangat beresiko pada sejumlah anggaran dan kegiatan yang kemungkinan tidak akan terakomodir pada APBD induk. Hal tersebut yang dimaksudkan dirinya akan bisa menjadi beban pada APBD Perubahan, nantinya.

“Resikonya cukup besar jika beban APBD Perubahan sangat tinggi. Misalnya ada proyek yang gagal tender, kemudian ada pekerjaan yang tak selesai karena waktu pekerjaan tak memungkinkan lagi, dan tentunya sangat berdampak pada angka Silpa,” tandasnya. (man)