manajemen Bumdes
Pelatihan Manajemen Bumdes di Restoran Lembah Bening
Pelatihan Manajemen Bumdes
Pelatihan Manajemen Bumdes di Restoran Lembah Bening (foto : istimewa)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Bertempat di Restoran Lembah Bening Kelurahan Sinindian, Senin (10/10/2016), Pemerintah Kota Kotamobagu, melaksanakan kegiatan pelatihan tentang manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMD, PP dan KB) tersebut, selain diikuti para pengurus Bumdes se-kota Kotamobagu, juga diikuti oleh para Sangadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, SIP, MM, yang berkesempatan membuka resmi kegiatan, mengatakan, kehadiran Bumdes cukup penting dalam meningkatkan perekonomian di desa. Terlebih, pengelolaannya dilakukan dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

“Alur sasaran Bumdes adalah ekonomi. Tentu ini akan memperkuat perekonomian di desa,” ujar Tahlis.

Pemkot Kotamobagu sendiri, menurut Tahlis, bukan baru kali ini mendorong dibentuknya Bumdes di setiap desa di Kotamobagu.

“Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Kotamobagu telah mengarahkan desa untuk membentuk yang namanya Bumdes ini,” tambahnya.

Namun demikian, dari 15 desa yang ada di Kota Kotamobagu, tercatat baru tiga desa saja yang telah memiliki Bumdes, yakni, desa Bungko, desa Poyowa Kecil serta desa Moyag Induk. (man)