pertahankan piala adipura
Kepala BLH Kotamobagu, Nasrun Gilalom
pertahankan piala adipura
Kepala BLH Kotamobagu, Nasrun Gilalom

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memiliki tekad yang begitu besar dalam mempertahankan piala adipura yang sukses disabet tahun ini.

Guna mewujudkan tekad tersebut, Pemkot melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) pun mulai memikirkan sejumlah upaya.

Kepala BLH, Nasrun Gilalom, Senin (24/10/2016), bahkan mengaku, jika pihaknya berencana melakukan door to door (mendatangi langsung rumah-rumah warga), guna mensosialisasikan soal kebersihan lingkungan.

“Kami telah menginstruksikan kepada perangkat pemerintah desa dan kelurahan untuk door to door ke rumah warga, atau melakukan gerakan tangkoko dan mengingatkan tentang kebersihan,” ujar Gilalom di hadapan sejumlah wartawan.

Tak hanya itu, dalam upaya mempertahankan Piala Adipura, pihaknya juga berencana mengajak para pengusaha pertokoan untuk turut andil dalam mendukung program kebersihan kota.

“Kemarin saya melakukan studi banding di Makassar. Disana, para pemilik took sampai membuatkan taman bunga untuk mendukung keindahan kota,” akunya.

Meski demikian, menurut Gilalom, hal terpenting dari upaya pihaknya dalam mempertahankan piala adipura, yakni menjadikan Kotamobagu sebagai kota yang bersih dan layak ditinggali.

“Tahun lalu, capaian nilai kita cukup memuaskan. Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana menjadikan kota ini sebagai kota yang bersih dan layak untuk ditinggali. Dan ini tentu juga merupakan tanggung jawab segenap warga Kotamobagu,” tandasnya. (man)