lakukan perekaman e-ktp
ilustrasi
lakukan perekaman e-ktp
ilustrasi

Bolmong, portalmongondow.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mendorong warga untuk segera melakukan perekaman e-KTP.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Bolmong, Daendels Somboadile, perekaman e-KTP oleh warga akan turut membantu pihak KPUD dalam melakukan pendataan pemilih, sebab, e-KTP sangat erat kaitannya dengan daftar pemilih.

“Selama calon pemilih yang akan memberikan hak suaranya tercantum dalam DPT akan diberikan hak pilihnya di TPS. Begitu juga yang sudah memiliki e-KTP,” kata Deandels belum lama ini.

Deandels menjelaskan, untuk kriteria pemilih tersebut, yang bersangkutan cukup menunjukan formulir C6 (Surat Pemberitahuan Memilih) kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ketika akan masuk ke dalam TPS.

“Memang dalam peraturan KPU (PKPU), tidak harus seluruh pemilih yang datang dengan membawa C6 itu menunjukan KTP. Jadi kalau pemilih itu adalah warga setempat, terdaftar dalam DPT kemudian membawa C6 itu sudah cukup,” tuturnya.

Namun demikian, KTP nantinya akan menjadi sangat penting, terutama bagi warga yang tidak mendapat undangan mencoblos. Kriteria pemilih yang dapat memberikan hak pilihnya di TPS, KPU telah mengatur pada pasal 4 ayat 2 poin d Tahun 2016 yang menjelaskan, bahwa pemilih adalah mereka yang berdomisili di daerah pemilihan yang dibuktikan dengan e-KTP.

Dalam pasal tersebut kriteria pemilih yang berhak memberikan suara di TPS antara lain. Pemilih yang terdaftar dalam DPT di TPS yang bersangkutan, Pemilih yang telah terdaftar dalam DPPh (Daftra Pemilih Pindahan), atau pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara dan didaftarkan dalam model A.Tb-KWK (Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) bagi pemilih yang memberikan hak pilih di TPS menggunakan KTP Elektronik atau surat keterangan kependudukan dari pemerintah setempat. (*)