perubahan iklim
Walikota Kotamobagu,saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi dampak perubahan iklim
perubahan iklim
Walikota Kotamobagu,saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi dampak perubahan iklim

Kotamobagu, portalmongondow.com – Bertempat di Aula Restoran Lembah Bening, Senin (26/09/2016), pagi tadi, Pemerintah Kota Kotamobagu, menggelar kegiatan sosialisasi tentang dampak perubahan iklim global. Kegiatan dipimpin langsung Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Dalam sambutannya, Tatong mengatakan pentingnya dilakukan sosialisasi atas dampak terjadinya perubahan iklim, termasuk bentuk-bentuk  penanganannya.

“Penanganan perubahan iklim yang terjadi saat ini, menjadi hal yang sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat, agar nantinya tercapai sebuah pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang bagaimana menyikapi hal itu secara bijak,” ujar Tatong.

Perubahan iklim itu sendiri pada prosesnya telah menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah tempat. Sehingga, dibutuhkan sebuah solusi dalam rangka meminimalisir dampak yang mungkin saja ditimbulkan.

“Oleh karena itu, solusi dalam rangka menghadapi terjadinya perubahan iklim, adalah bagaimana kita semua harus mampu bekerja keras dalam rangka mengembangkan program pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dengan terus menjaga kelestarian hutan dan mengembangkan energi baru terbarukan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kotamobagu menghadirkan sejumlah narasumber yang diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang perubahan iklim beserta dampak dan penangananya. Adapun narasumber dimaksud, yakni, Kepala Sub Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca Berbasis Lahan, Ir Dida Migfar Rida MSi, serta Kepala Sub Direktorat Adaptasi Ekologi Buatan Ditjen Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ir Tri Widawati, MT.

Turut hadir dalam kegiatan, antara lain Asisten I Pemkot Kotamobagu, Drs Hi Nasrun Gilalom, sejumlah Pimpinan SKPD, para Camat, Lurah/Sangadi se-Kotamobagu, dan juga para peserta sosialisasi. (*/man)