pusat data pemerintahan
Kepala Diskominfo Kotamobagu, Moh Agung Adati
emergency call
Kepala Dishubbudparkominfo Kotamobagu, Moh Agung Adati

Kotamobagu, portalmongondow.com – Permohonan Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, untuk menghadirkan layanan emergency call, 112, di kota yang tengah dipimpin dirinya, akhirnya berbuah manis. Pasalnya, oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia, permohonan tersebut disetujui melalui surat bernomor 2674/KOMINFO/DJPPI/KS.01.03/08/2016, tertanggal 22 Agustus 2016, lalu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi (Dishubbudparkominfo) Kotamobagu, Agung Adati, Kotamobagu terpilih bersama 25 daerah lainnya se-Indonesia.

“Sebelumnya, program ini mulai diperkenalkan di 10 daerah pada tahun lalu,” ungkap Adati.

Dengan akan diterapkannya program layanan ini, selanjutnya Dishubbudparkominfo akan menyiapkan sebuah gedung di kompleks kantor tersebut, Jalan DI Pandjaitan, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, untuk dijadikan pusat kendali.

“Bangunannya sudah siap. Kami, tinggal menunggu pengiriman perangkat oleh Kemenkominfo,” ujarnya.

Sementara terkait operasional atas program yang direncanakan mulai bergulir Desember mendatang, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah petugas yang akan stand by selama 1 x 24 jam.

“Para petugas sebelumnya akan mendapat pembekalan dan pelatihan dari Kemenkominfo,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan sejumlah fasilitas layanan public yang nantinya bisa dipergunakan warga Kotamobagu melalui emergency call 112 tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Polres Bolmong, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, serta sejumlah instansi lainnya. Tentu, ini merupakan kebanggaan kita semua, sebab, tidak semua daerah terpilih untuk pelaksanaan program ini,” pungkasnya. (man)