kunjungan mendadak ombudsman
Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virginia Olii
sosialisasi pencaatatan sipil
Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virginia Olii

Kotamobagu, portalmongondow.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Senin (19/09/2016), menggelar sosialisasi Bidang Pencatatan Sipil bagi para kepala sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kotamobagu Timur, dengan diikuti tak kurang dari 103 Kepala Sekolah.

Kepala Disdukcapil, Virginia Olii, dalam sambutannya, mengatakan, pentingnya akta kelahiran bagi para peserta didik.

“Mengingat pentingnya akta kelahiran bagi pelajar sehingga para kepala sekolah agar segera mendata kembali anak didik yang belum mempunyai Akta Kelahiran,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, kerjasama antara pihak sekolah dan Disdukcapil sangat dibutuhkan demi terwujudnya apa yang menjadi harapan bersama.

“Biasanya pihak sekolah memberikan Ijazah terlebih dahulu, ketimbang Akta Kelahiran. Seharusnya akta lahirlah yang menjadi acuan dalam mengisi riwayat dalam ijazah dan bukan sebaliknya,” terangnya.

Dirinya berharap para Kepala Sekolah yang hadir bisa membantu pihaknya dalam menggenjot capaian angka pembuatan akta lahir,  yang masih di bawah target pemerintah pusat, yakni 77,5 persen.

“Saat ini kita baru mencapai angka 64 persen. Tentu kami mengharapkan bantuan semua pihak, termasuk koordinasi dan kerjasama antara para Kepala Sekolah baik TK, PAUD, hingga SD, maupun instansi terkait lainnya di Kotamobagu,” harapnya. (man)