rakor kub
ilustrasi
kerukunan umat beragama
ilustrasi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Guna mewujudkan dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kota Kotamobagu, para tokoh lintas agama di kota tersebut, menggelar pertemuan dalam bentuk Rapat Koordinasi (Rakor) Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Aula Kantor Walikota Kotamobagu, Senin (01/08/2016), pagi tadi.

Rakor itu sendiri dipimpin langsung Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Hi Jainudin Damopolii.

Dalam sambutannya, Jainudin mengatakan kondisi sosiologis kota Kotamobagu yang majemuk membutuhkan kewaspadaan semua pihak agar tidak mudah terpengaruh dengan berbagai konflik antar umat beragama di daerah lainnya.

“Saya berharap Kotamobagu tidak terpengaruh dengan berbagai konflik yang terjadi di sejumlah daerah lainnya, seperti yang belakangan terjadi di Sumatera,” ujar Wawali.

Dengan mengedepankan filosofi o’adatan yang dijunjung tinggi para leluhur tanah Totabuan, yakni Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban, Jainudin pun mengimbau seluruh pihak, utamanya kalangan umat beragama di kota yang dipimpin dirinya bersama Walikota, Ir Tatong Bara, agar senantiasa menjaga kerukunan yang selama ini telah terjalin baik.

“Stabilitas keamanan di daerah ini perlu dijaga bersama dalam bingkai silaturahmi antar umat beragama,” tandasnya.

Rakor tersebut turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pemuka lintas agama, camat se-kota Kotamobagu, serta sejumlah tokoh masyarakat. (*/man)