Pasar Genggulang
desain tiga dimensi rencana pembangunan kembali bangsal Pasar Genggulang
Pasar Genggulang
desain tiga dimensi rencana pembangunan kembali bangsal Pasar Genggulang

Kotamobagu, portalmongondow.com – Meski tak kunjung ada aktivitas normal selayaknya pasar pada umumnya, namun Pasar Tradisional Kelurahan Genggulang, Kecamatan Kotamobagu Utara, terus saja mendapat penambahan fasilitas.

Teranyar, pasar yang sempat beberapa kali diupayakan untuk ‘dihidupkan’ tersebut, rencananya bakal dibongkar untuk kemudian dibangun baru, terutama pada bagian empat blok bangsal yang dibangun pada tahun 2009 lalu.

Rencana ini sendiri diungkap langsung Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM), Herman Arai, Rabu (03/08/2016), kemarin, saat tengah meninjau lokasi yang akan dibangun kembali.

“Dengan melihat prospek ke depan, rencananya bangsal-bangsal ini akan dibongkar dan dibangun baru,” ujar Arai.

Menurutnya, kondisi empat bangsal tersebut sudah tidak layak lagi untuk ditempati. Dengan anggaran pembangunan kurang lebih Rp 6,2 Miliar yang bersumber dari APBN, dimana sudah termasuk 14 paket pekerjaan lainnya, dirinya berharap kondisi pasar tersebut akan layak untuk bisa ditempati kembali.

“Kelayakan bangunan itu biasanya selama 5 tahun. Dan ini umur bangunannya sudah 7 tahun. Jadi, ini bukan soal untung rugi, melainkan kita melihat prospek ke depan,” terangnya.

Sayangnya, ketika ditanya perihal rencana untuk menghidupkan kembali pasar yang cukup lama ‘mati suri’ tersebut, Arai tak dapat memberi kepastian.

“Belum tahu kapan akan dibuka lagi,” tandasnya. (man)