piala adipura
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, saat mengarak Piala Adipura, tahun lalu
piala adipura di kotamobagu
Piala Adipura saat diarak di sejumlah wilayah di Kotamobagu, beberapa waktu lalu

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu beberapa waktu lalu mulai melombakan adipura tingkat lokal. Baik kecamatan, SKPD BUMN/BUMD serta sekolah terlibat dalam lomba tersebut. Penilaian atas lomba tersebut juga telah dimulai sejak 13 Agustus, kemarin.

Kepala Dinas Tata Kota (Distakot) Kota Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga, Selasa (16/08/2016), pagi tadi, mengatakan, pemenang lomba tersebut akan segera diumumkan Rabu (17/08/2016), besok, bertepatan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Ke-71.

“Penilaiannya mulai tanggal 13 dan terakhir hari ini (kemarin, red). Hasilnya akan diumumkan saat upacara HUT Proklamasi besok. Untuk tingkat kecamatan, SKPD, BUMN, BUMD dan Sekolah dinilai sendiri-sendiri. Lombanya sama tapi kompetisinya berbeda,” ujar Bambang.

Dijelaskannya, pelaksanaan adipura lokal tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan wilayah Kota Kotamobagu. Hal itu juga menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) mempertahankan penghargaan piala adipura buana yang baru saja diraih beberapa waktu lalu.

“Kriteria penilaiannya mengacu ke penilaian adipura yang sesungguhnya. Untuk tingkat kecamatan, bukan hanya kebersihan saja yang dinilai, tapi juga tingkat partisipasi masyarakat. Kemudian untuk SKPD, bukan hanya kebersihan kantornya, tapi semua titik pantau juga menjadi sasaran penilaian,” terangnya.

Dirinya menjamin, dalam proses penilaian akan bekerja seobjektif mungkin tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

“Kami objektif. Tidak ada yang bisa mengintervensi,” tegasnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan adipura lokal dalam rangka memeriahkan HUT proklamasi ke-71. Selain itu, dilaksanakan lomba olahraga dan kesenian juga dilaksanakan jelang terdapat pula sejumlah kegiatan lain seperti olahraga dan kesenian yang telah dilaksanakan sejak sepekan terakhir. (man)