pasangan calon pilkada bolmong
ilustrasi
pilkada bolmong 2017
ilustrasi

Bolmong, portalmongondow.com – Guna memaksimalkan target persentasi pemilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow, makin gencar melakukan sosialisasi serta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih).

Dikatakan Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM, KPUD Bolaang Mongondow, Daendels Sombowadile, Jum’at (26/08/2016), kemarin, sosialisasi terutama dimaksimalkan pada tingkatan kecamatan dan desa melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Baik di pertemuan-pertemuan maupun di hajatan-hajatan warga, kami (KPU, PPK, PPS, red) terus melakukan sosialisasi tahapan Pilkada Bolmong 2017,” kata Daendels.

Di kesempatan berbeda, Ketua Divisi Data KPUD Bolaang Mongondow, Isnaidin Mamonto, mengatakan dalam setiap pelaksanaan Bimtek Mutarlih pihaknya menjelaskan soal pencocokan dan penelitian data pemilih. Menurutnya, hal itu penting dilakukan guna menjaga akurasi data pemilih, sehingga tidak ada pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Dengan demikian, maka target perolehan persentasi pemilih akan lebih mudah untuk dipenuhi.

“Yang kami takutkan jangan sampai data pemilih tidak akurat. Sebab, persentasi pemilih nantinya akan sangat dipengaruhi oleh jumlah DPT,” terang Mamonto.

Ditambahkan, demi mengoptimalkan upaya sosialisasi, pihak KPUD Bolaang Mongondow bahkan sebisa mungkin akan memanfaatkan setiap kegiatan di kabupaten tersebut untuk juga disisipkan dengan agenda sosialisasi Pilkada.

“Koordinasi dengan Pemda Bolmong, tokoh adat, tokoh agama, Ormas, OKP dan seluruh stakeholder sudah dilakukan,” tambah Daendels. (*/man)