hari raya binarundak
ilustrasi
hari raya binarundak
ilustrasi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Warga kelurahan  Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur, kembali menggelar Hari Raya Binarundak, Sabtu (09/07/2016), kemarin. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Hi Jainudin Damopolii.

Dalam sambutannya, Jainudin menyebut Hari Raya Binarundak yang tiap tahunnya digelar warga Motoboi Besar merupakan tradisi yang memiliki keunikan tersendiri.

“Tradisi perayaan Binarundak, tentu saja menjadi perhatian tersendiri pemerintah. Ini juga berpotensi menjadi wisata kuliner,” sebutnya.

Lebih lanjut Wawali mengemukakan, bahwa dengan adanya Halal Bi Halal yang dikemas dalam bentuk perayaan Binarundak, tentu saja akan menambah nilai ibadah, sebab  bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antar warga.

“Ini adalah kegiatan silahturahmi untuk mempererat tali persaudaraan, terlebih khusus bagi warga  perantauan yang kembali ke kampung halaman,” ucapnya.

Hadir dalam Perayaan Binarundak, diantaranya Asisten I Pemerintah Kotamobagu, Camat Kotamobagu Timur, Camat Kotamobagu Barat, Kepala Kesbangpol, Dan beberapa anggota DPRD Kotamobagu serta ratusan Masyarakat setempat.

Oleh Panitia pelaksana, kegiatan tersebut diberi tema ‘Dengan Perayaan Hari raya Binarundak  1437 Hijriyah,  kita tingkatkan Tali Silahturahmi Antara pemerintah dan masyarakat, menuju  Masyarakat yang berbudaya dan mandiri’. (*/man)