pilkada bolmong
Personil KPU RI, Arief Budiman, didaulat melakukan launching Pilkada Bolmong

Advertorial

pilkada bolmong
Personil KPU RI, Arief Budiman, didaulat melakukan launching Pilkada Bolmong

Bolmong, portalmongondow.com – Tahapan pelaksanaan Pilkada Bolmong tahun 2017 mendatang, resmi dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Sabtu (30/07/2016), sore kemarin, dengan dihadiri langsung personil KPU RI, Arief Budiman, serta sejumlah personil KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Sambutan oleh Personil KPU RI, Arief Budiman
Sambutan oleh Personil KPU RI, Arief Budiman

Bertempat di Lapangan Da’agon, Lolak, launching yang juga dihadiri Penjabat Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung, tersebut, ditandai dengan pemukulan pentungan tradisional Bolaang Mongondow oleh personil KPU RI, Arief Budiman, yang kemudian serentak diikuti ratusan undangan yang hadir dan memadati lokasi kegiatan. Sebelumnya acara juga turut dimeriahkan sejumlah tarian khas daerah Bolaang Mongondow, sehingga menambah nuansa kedaerahan kegiatan tersebut.

Ketua KPUD, Fahmi Gobel, mengatakan, kegiatan launching yang digagas pihaknya merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah diusulkan sebelumnya, sehingga penting untuk dilaksanakan. Launching ini juga sekaligus merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada sudah mulai dilaksanakan.

Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel bersama Penjabat Bupati Bolmong
Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel bersama Penjabat Bupati Bolmong

“Tentu kami berharap dengan adanya launching dan juga bentuk sosialisasi lainnya, maka ini bisa mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya,” ujar Gobel.

Sementara menanggapi tema Pilkada, yakni ‘Beradat, Beradab dan Bermartabat’, yang juga diperkenalkan dalam launching tersebut, personil KPU RI, Arief Budiman, sedikit menambahkan sejumlah hal yang menurutnya tidak kalah prinsip.

“Jadi kalau boleh saya tambahkan, selain beradab, beradat dan bermartabat, juga harus berkualitas dan berintegritas Pilkadanya. Pun dalam penyelenggaraannya, harus transparan dan akuntabel,” kata Arief, dalam sambutannya.

foto bersama
foto bersama

Dirinya kemudian mengimbau seluruh warga Bolmong, terutama para kandidat yang nantinya akan bertarung dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, untuk meneladani pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta tahun 2012 lalu, yang berakhir damai meski sempat diwarnai persaingan yang sedemikian tajam.

“Di Jakarta kemarin, banyak tokoh nasional yang bertarung dan memicu persaingan yang sedemikian ketat dan tajam. Tetapi, begitu hasilnya keluar, semua berakhir damai tanpa gugatan ke MK. Ini selain soal keikhlasan kandidat juga tergantung integritas penyelenggara,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, juga diperkenalkan maskot Pilkada, Burung Tuanggoy, atau Burung Maleo, yang merupakan salah satu hewan endemic yang banyak mendiami wilayah Bolaang Mongondow, namun keberadaannya mulai langka. (adve/man)