forum advokasi kesehatan
Foto bersama usai pembukaan forum advokasi
forum advokasi kesehatan
Foto bersama usai pembukaan forum advokasi

Kotamobagu, portalmongondow.com – Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Hi Jainuddin Damopolii, Kamis (21/07/2016), membuka Forum Advokasi Pemerintah Daerah dan Lintas sektor dalam rangka Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, yang diselenggarakan oleh Dinas Perindutrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Kotamobagu bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manado.

Forum Advokasi tersebut dilaksanakan guna memberikan keamanan pangan bagi masyarakat kotamobagu, demi terbebas dari bahan-bahan yang berbahaya.

Dalam sambutannya, Jainudin menyampaikan salah satu yang timbul akibat dari kegiatan perdagangan bebas yakni turut menyebarnya bahaya yang terkandung di dalam bahan makanan.

“Perdagangan yang  bebas saat ini,  jelas tidak bisa dipungkiri turut dimanfaatkan sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebar bahan – bahan  membahayakan untuk tubuh kita, dan ini sudah banyak contoh, terlebih yang beredar di pasar tradisional,” sebut Wawali.

Menurut Jainudin, dalam upaya  untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, Pemerintah kemudian perlu melakukan pengawasan sejak dari pengadaan bahan baku, mulai dari hulu hingga hilir, serta pengawasannya harus juga melibatkan masyarakat.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, diantaranya Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM RI, Drs Mustofa Apt, Mkes, Kepala Bidang Perdagangan, Bambang Mardiyanto, Kepala BPOM Manado serta beberapa perwakilan SKPD, LSM serta Tokoh Masyarakat. (*)