lebaran ketupat di kotamobagu
ilustrasi
Ada Lebaran Ketupat di Kelurahan Mongkonai Induk
ilustrasi (harianlampung.co.id)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Tepat sepekan usai perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah, Rabu (13/07/2016), hari ini, akan ada Lebaran Ketupat di Kelurahan Mongkonai Induk, Kecamatan Kotamobagu Barat. Tradisi yang juga biasa dijumpai di sejumlah daerah di Sulawesi Utara ini, akan dirangkaikan halal bi halal.

Sebagaimana disampaikan Lurah Mongkonai Barat, Samsuri Potabuga, perayaan lebaran ketupat yang baru pertama kali dilakukan di kelurahan tersebut, nantinya akan dipusatkan di Lapangan Gadjah Mada.

“Ini merupakan lebaran ketupat perdana di kelurahan kami. Kegiatannya nanti akan dipusatkan di Lapangan Gadjah Mada,” kata Samsuri.

Menurutnya, kegiatan yang terbuka untuk umum tersebut, merupakan hasil sinergi pihak kelurahan dengan para pemuda setempat.

“Akan ada kuliner khas Mongondow yang disiapkan oleh para pemuda. Untuk mengetahui kulinernya apa saja, silakan datang dan cicipi sendiri. Yang pasti kulinernya non beras,” terangnya.

Panitia sendiri dalam kegiatan ini, mengundang para pimpinan daerah mulai dari Walikota, Ir Tatong Bara, Wakil Walikota, Drs Jainudin Damopolii serta Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang. Selain itu, Mubaligh kondang, Ustadz Danny Pontoh juga turut diundang untuk mengisi ceramah agama.

“Nanti akan ada juga ceramah agama oleh Ustadz Danny Pontoh,” tandasnya. (dto/man)