program bsps
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman Kota Kotamobagu, Ir Imran Amon
50 Analis Kotamobagu Akan Diberi Pelatihan Kebencanaan Kotamobagu
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tengah mengupayakan peningkatan kapasitas 50 orang Analis dalam melakukan analisis kebencanaan di kota tersebut. Guna mewujudkan hal itu, Pemkot melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), rencananya akan menggelar pelatihan bagi puluhan Analis tersebut.

Demikian dikatakan Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, Kamis (28/07/2016), kemarin.

“Saat ini pihak BPBD menunggu instruktur dari BNPB pusat yang akan memberikan materi pelatihan,” kata Amon.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan analisis kerugian pasca bencana, maka akan bisa langsung dihitung berapa besar kerugian yang ditimbulkan ketika terjadi bencana.

“Misalnya kerusakan perumahan, irigasi, kerusakan jembatan dan infrastruktur lainnya, yang diakibatkan bencana,” ucapnya.

Dengan demikian, pihaknya pun akan terbantu dalam melakukan penghitungan anggaran yang dibutuhkan dalam rekonstruksi pasca bencana.

“Dasar itulah kemudian akan ditentukan besar anggaran yang akan dialokasikan, untuk mendesain ulang bangunan yang rusak,” sebutnya.

Peserta yang akan ikut pada pelatihan itu sendiri, diambil dari perwakilan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kotamobagu.

“ Sebanyak 50 orang yang akan diberi pelatihan, diambil dari perwakilan SKPD,  sementara saat ini tenaga relawan yang ada, sebanyak  70 orang, dan sudah mengikuti  pelatihan, dan target untuk tahun ini, sebanyak 210 relawan yang akan di rekrut, “ jelasnya. (man)