Mesin pencetak batu bata (foto : istimewa)
Mesin pencetak batu bata (foto : istimewa)
Mesin pencetak batu bata (foto : istimewa)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (09/06/2016), kemarin, secara resmi menyerahkan bantuan mesin pencetak batu bata kepada dua pengrajin batu bata di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Penyerahan ini sendiri, dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang.

Kepada para awak media, Tahlis mengatakan, bantuan yang diserahkan itu merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam menopang kelangsungan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

“Pemerintah sangat mendukung perkembangan sektor usaha, terutama usaha kecil dan menengah. Hanya saja, semua harus dilakukan secara bertahap, sebab, mesti disesuaikan dengan besaran anggaran yang ada,” ujar Tahlis.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop-PM, Herman Arai, selaku pimpinan instansi teknis terkait, berharap, adanya bantuan mesin pencetak batu bata tersebut, nantinya bisa meningkatkan kemampuan produksi para pengrajin.

“Jika biasanya dengan cara manual mereka (para pengrajin, red) hanya bisa memproduksi 1000 batu per hari, maka dengan mesin ini cetakan bisa mencapai 15 ribu per hari. Tentu, kita berharap dengan keadaan itu, mereka akan bisa memenuhi permintaan dalam jumlah besar, selain juga terjamin kualitas batu bata yang diproduksi,” demikian Arai. (man)