Suasana Kedai Kampung Bogani, jelang kick off pertandingan Grup B Piala Eropa, antara Rusia vs Slovakia
Suasana Kedai Kampung Bogani, jelang kick off pertandingan Grup B Piala Eropa, antara Rusia vs Slovakia
Suasana Kedai Kampung Bogani, jelang kick off pertandingan Grup B Piala Eropa, antara Rusia vs Slovakia

Kotamobagu, portalmongondow.com – Demam Piala Eropa 2016 di Perancis yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriyah, rupanya turut dimanfaatkan sejumlah kafe di Kotamobagu untuk menggaet segmen pelanggan ‘penggila’ bola di daerah tersebut. Berhubung mayoritas pertandingan digelar bertepatan waktu sahur, beberapa kafe kemudian menyediakan layar raksasa guna memanjakan pengunjung yang ingin sahur sambil menonton aksi tim idola.

Kafe ‘Kedai Kampung Bogani’ di Kelurahan Matali, misalnya, yang sejak kick off Piala Eropa antara tim nasional Perancis melawan Rumania, Sabtu (11/06/2016), dini hari, akhir pekan lalu, mulai menyediakan sebuah layar raksasa berukuran tak kurang dari 1 x 1 meter.

Menurut Wiwit, salah satu pengelola kafe, puluhan pengunjung selalu memadati Kedai Kampung Bogani hingga dini hari, demi menyaksikan laga tim-tim kesayangan sembari menikmati menu sahur yang disediakan.

“Sejumlah menu yang kami sediakan buat sahur sambil nonton bola, diantaranya nasi goreng, bakso, dan nasi ayam kremes. Sementara untuk minuman, para pengunjung paling banyak memesan kopi selendang. Dengan adanya nonton bareng yang kami siapkan, Alhamdulillah para pengunjung tetap bertahan hingga waktu sahur tiba, bahkan hingga pertandingan selesai pada pukul 05.00 dini hari,” ujar Wiwit, saat diwawancarai portalmongondow.com, Rabu (15/06/2016), sekitar pukul, 21.00, malam, waktu setempat.

Setali tiga uang, hal yang sama juga dilakukan manajemen kafe ‘Kopi Korot’ yang memang sejak pertama dibuka, telah menjadikan nonton bareng pertandingan sepakbola sebagai salah satu ‘jualan’ khas.

Kafe milik notaris kondang yang malang melintang di kota Bitung, Nasrun Koto, seakan tak pernah sepi pengunjung, meski telah memasuki waktu dini hari. Salah satu yang membuat pengunjung betah berlama-lama di kafe ini hingga waktu sahur tiba, tentu saja adalah sajian pertandingan sepak bola Piala Eropa, yang disiarkan melalui layar raksasa di dekat pintu masuk kafe.

“Kami biasanya buka jam 4 sore. Berhubung ada Piala Eropa, belakangan kami baru akan tutup usai pertandingan sepakbola bertepatan waktu subuh,” kata Denairisanti Koto, adik kandung owner Kopi Korot, Nasrun Koto.

Menurut Mama Dava, sapaan akrab wanita paruh baya ini, pengunjung biasanya akan membludak saat tim-tim besar Eropa berlaga. Namun demikian, Dia mengaku jika pihak manajemen masih menunggu petunjuk Nasrun Koto, selaku owner, guna menyiapkan ‘atmosfer’ berbeda saat nonton bareng partai puncak Piala Eropa nanti.

“Kebetulan saat ini Pak Nasrun masih di luar kota. Tetapi akan kami upayakan agar pada pertandingan final nanti, ada sesuatu yang berbeda demi memanjakan pengunjung yang ingin nonton bareng sambil sahur disini,” tandasnya.

Di Kotamobagu sendiri, saat ini mulai menjamur usaha kafe yang menawarkan berbagai menu menarik. Namun demikian, belum diketahui seberapa banyak kafe yang pada Ramadhan kali ini, menyediakan program sahur sambil nonton bareng Piala Eropa 2016. (iman)