virus flu burung
Kepala DP4K-KP Kotamobagu, Hardi Mokodompit
Kepala DP4K-KP Kotamobagu, Hardi Mokodompit
Kepala DP4K-KP Kotamobagu, Hardi Mokodompit

Kotamobagu, portalmongondow.com – Balai Kesehatan Ternak Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (22/06/2016), lalu, mendatangi sejumlah tempat pemotongan ayam serta sapi di Kotamobagu. Kedatangan para petugas dari provinsi ini, guna memeriksa kelayakan hewan ternak yang akan dijual di pasaran.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketanahan Pangan (DP4K-KP) Kotamobagu, Hardi Mokodompit, saat bersua portalmongondow.com, Kamis (23/06/2016), kemarin, di ruang kerjanya.

“Jadi para petugas dari Balai Kesehatan Hewan Ternak Provinsi melakukan pemantauan di tempat-tempat pemotongan sapi dan ayam untuk diperiksa kesehatan daging yang akan dijual,” ujar Hardi.

Dikatakannya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, petugas tidak menemukan adanya indikasi daging yang tidak layak jual. Namun demikian, para petugas tersebut tetap membawa sejumlah sampel, guna memeriksa lanjut higienis tidaknya tempat pemotongan hewan.

“Alhamdulillah, daging yang diperiksa semuanya aman. Hanya saja, ada beberapa sampel dari lokasi pemotongan yang dibawa petugas ke Manado. Itu, untuk mengantisipasi, jangan-jangan, terdapat bakteri berbahaya di lokasi pemotongan yang bisa saja berpengaruh terhadap kesehatan daging,” terangnya. (man)