program bsps
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Wilayah Permukiman Kota Kotamobagu, Ir Imran Amon
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon

Kotamobagu, portalmongondow.com – Bersama Kodim 1303 Bolmong dan Tim penggerak PKK pokja III Kotamobagu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, Kamis (02/06/2016), kemarin, menggelar pelatihan relawan penanggulangan bencana, di Restoran Lembah Bening, kelurahan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan  untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan tanggap cepat disaat terjadi bencana atau darurat bencana.

“Mereka (Relawan, red) kita berikan pelatihan, antara lain mendirikan tenda keluarga, tenda telepon serta yang paling penting, adalah cara memasak,” kata Imran.

Menurutnya, pelatihan tanggap darurat perlu disimulasikan. Namun yang tidak kalah penting yakni, pelatihan spesifikasi dapur umum. Sebab, menurutnya, hal paling utama yang mesti diperhatikan para relawan adalah bagiamana para korban bencana tidak kelaparan.

“Kita melatih mereka bagaimanan memasak makanan siap saji,”ujar Imran.

Sementara terkait kondisi di lapangan, dirinya mengaku masih butuh tambahan personil relawan, guna penanganan bencana.

“Sampai saat ini, kami sudah memiliki 290 relawan. Sampai tahun 2018 mendatang, kami akan menargetkan 915 relawan yang tersebar di 33 Desa dan Kelurahan, se- Kotamobagu,” tandasnya. (man)